Pages

March 04, 2011

Pangururan jadi Pasar Percontohan

Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut) menjadi salah satu dari 10 pasar percontohan yang akan dikembangkan pemerintah pada tahun 2011. Pemerintah telah melakukan peninjauan ke Pasar Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Menteri Perdagangan, Mari Elka Pangestu, dalam konferensi pers, di Kantornya mengungkapkan, pemerintah telah membangun pasar percontohan. Program tersebut bagian dari program prioritas Kementerian Perdagangan utnuk mengembangkan pasar tradisional atau pasar rakyat.

"Kita kembangkan untuk rakyat dan tahun ini akan ada 10 pasar yang akan kita kembangkan, termasuk di Pulau Samosir," ungkapnya, di Jakarta, Rabu (2/3).

Mari melanjutkan bahwa beda pasar percontohan dengan pasar tradisional adalah pasar percontohan direvitalisasi secara komprehensif, diperbaiki secara fisik, harus ramah lingkungan. Kemudian, mulai dari pengelola pasar hingga pedagang serta masyarakat diberikan pembinaan dan revitalisasi.


"Harus ada pembinaan dan perbaikan serta revitalisasi dari pengelolanya. Jadi pengelola atau manajemen pasarnya juga diperhatikan. Pedagangnya juiga harus direvitalisasi dan diperdayakan," jelasnya.

Tahun ini, dalam anggaran Kemendag juga sudah menganggarkan dana untuk pendampingan dan pemberdayan. Dana ini merupakan satu paket dan komprehensif, dilakukan Kemendag bekerjasama dengan kementerian lain, maupun dengan pemda, swasta dan BUMN.

Menurut Mari Pangestu, tahun ini Kemendag menyiapkan dana sebesar Rp 88 miliar untuk pasar percontohan. "Komprehensif mulai tahun ini dan untuk dua tahun ke depan. Sehingga kita harapkan tahun ini anggrannya Rp 88 miliar untuk sepuluh pasar percontohan," ungkapnya.

Program ini, imbuh Mari Pangestu, adalah bentuk komitmen dan keberpihakan Kementerian Perdagangan yang ingin menjadikan pasar Indonesia kembali ke fungsinya sejak turun temurun, baik dalam segi ekonomi, maupun sosial dan budaya. "Pasar percontohan ini didedikasikan untuk rakyat, sehingga bisa berkembang untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat," kata Mendag.

sumber: tribunnews.com

Share This!


1 comment:

footballscoretoday said...

This a Informative article. I enjoyed it very much.

Popular Posts

Total Pageviews

Powered By Blogger · Designed By Blogger Templates