Pages

November 24, 2010

Penyakit Susutkan Harga Jual Kopi

Cuaca yang tidak menentu membikin penyakit tanaman tumbuh dengan begitu suburnya di sejumlah sentra perkebunan kopi di Sumatera, di antaranya di Naggroe Aceh Darussalam (NAD) dan Sumatera Utara.

"Awalnya buah kopi itu banyak., namun kena penyakit buahnya menguning kemudian rontok," kata Yamanah AC, Direktur Ekspor Produk Pertanian dan Kehutanan, Kementerian Perdagangan (Kemdag) di Jakarta, Jumat (19/11).

Penyakit ini mengakibatkan produktivitas tanaman kopi anjlok. Selain merontokan buah yang siap panen, kopi yang sudah dipanen juga rusak. Jadi, dengan kualitas yang menyusut seperti ini, harga jual pun ikut melorot.

Yamanah memperkirakan, penyakit kopi itu muncul akibat cuaca yang basah sehingga penyebaran penyakit kopi begitu cepatnya. Ia menyayangkan adanya penyebaran penyakit saat harga kopi sedang manis-manisnya seperti saat ini. "Harga bagus tapi dari volume kita tidak bisa banyak ekspor," ujarnya menjelaskan.

Kepala Seksi Perdagangan Luar Negeri Disperindag Sumut Fitra Kurnia mengatakan untuk jenis kopi arabika, nilai ekspor Sumut per September 2009 sebanyak 4,5 ribu ton dengan nilai 144,3 juta dolar AS. Kenaikan 12, 78 persen pada bulan Oktober 2010 sebesar 51,5 ribu ton dengan nilai 162,7 juta dolar AS.

Kopi jenis robusta sebanyak 7,9 ribu ton tahun 2010 pada Januari - Oktober 2010 senilai 11,3 juta dolar AS.

Menurut Fitra, saat ini para eksportir kopi Sumut mengalami guncangan, diakibatkan cuaca yang ekstrim. Hal ini membuat para eksportir kopi harus bekerja ekstra keras untuk memenuhi permintaan dari negara asing. Sulitnya mendapatkan biji kopi yang bagus akibat produksi kopi menurun.

Para eksportir kopi Sumut terancam rugi dan mengalami kebangkrutan, sebab biaya pengiriman lebih besar dari pada pendapatan dari hasil penjualan kopi tersebut. "Jumlah minimal yang harus dikirim adalah 19 ton untuk sekali pengiriman" kata Fitra
Sumber:tribun-medan.com

Share This!


No comments:

Popular Posts

Total Pageviews

Powered By Blogger · Designed By Blogger Templates