Pages

November 13, 2010

Operasional Bandara SiIangit Kian Sepi

Operasional di Bandara Silangit kian hari kian mandek. Hal itu ditandai dengan mundurnya Wings Air melakukan penerbangan dengan rute Medan-Silangit karena sepinya penumpang. Saat ini nyaris hanya maskapai penerbangan dari Susi Air Line yang masuk ke dalam bandara tersebut. “Setelah Wings Air memutuskan tak lagi beroperasi untuk rute Medan-Silangit, operasional di Bandara Silangit nyaris sepi. Paling hanya Susi Air atau pesawat carteran yang masuk,”ujar Kepala Bandara Silangit Martinus Hutasoit saat dikonfirmasi melalui telepon genggamnya, Jumat (12/11).
Dikatakannya, minimnya penumpang menjadi alasan pihak Wings Air memutuskan dan mengalihkan penerbangan rute Silangit ke Sibolga dan Gunung Sitoli. “Peminatnya memang sedikit. Jadi, tidak mungkin mereka sanggup bertahan dengan keadaan itu. Makanya peranserta pemerintah juga sangat diharapkan untuk menggairahkan masyarakat untuk memanfaatkan jasa penerbangan,” ujarnya. Semakin lesunya penerbangan di Bandara Silangit saat ini berbanding terbalik dengan harapan dan sikap yang ditujukan pemerintah daerah saat pertama kali menyatakan Bandara Silangit resmi beroperasi.
Bandara yang sejatinya dibangun untuk menggairahkan perekonomian di daerah kabupaten/kota sekitar ternyata tidak mendapat dukungan dari pihak pemerintah daerah itu sendiri.
“Salah satu alasan dibangunnya bandara selain memperpendek waktu tempuh, juga untuk memudahkan akses turis domestik maupun asing untuk menuju objek wisata yang ada di sana. Ya, kalau sampai kondisinya seperti ini bagaimana bisa memajukan dunia pariwisata,” ujar pengamat pariwisata, Firdaus kepada MedanBisnis, Jumat (12/11).
Oleh karenanya, lanjut Firdaus, pemerintah seharusnya dapat mencari jalan keluar untuk mendukung agar operasional di Bandara Silangit dapat berjalan dengan baik. Selain melalui sosialisasi yang gencar, dapat juga pemerintah mensubsidi Wings Air agar tarifnya dapat dijangkau masyarakat.
“Keberadaan bandara itu bukan saja untuk putra daerah tetapi juga para turis dan pendatang. Memang sangat lucu terdengar kalau pejabat pemerintah di sana saja tidak mau naik pesawat. Bagaimana mungkin mereka dapat mengajak masyarakat lainnya untuk naik pesawat. Permasalahan ini harus segera teratasi agar harapan membesarkan objek wisata di Sumut dapat tercapai,” pungkasnya.
Sumber: medanbisnisdaily.com/news/read/2010/11/13/7407/operasional_bandara_siiangit_kian_sepi/

Share This!


No comments:

Popular Posts

Total Pageviews

Powered By Blogger · Designed By Blogger Templates