Pages

September 05, 2008

Batu Gantung & Asal Usul Nama Kota Parapat

Seorang gadis yang hendak dijodohkan orangtuanya dengan anak dari saudara perempuan ayahnya padahal gadis ini sudah memiliki kekasih, malahan mereka sudah bersumpah akan kawin....Gadis ini sangat terjepit. Dia bagaikan memakan buah simalakama. Dimakan mati ayah, tak dimakan mati ibu.

Karena dia tidak sanggup mengatasi kesulitan besar yang menimpa dirinya, gadis itu akhirnya putus asa. Dengan bercucuran air mata ia berjalan perlahan-lahan menuju pinggir Danau Toba yang berjurang sangat dalam. Dia bermaksud hendak melompat ke jurang yang amat dalam itu. Beberapa saat sebelum mencapai pinggir Danau Toba, tiba-tiba dia terperosok ke dalam lubang besar.

Seluruh tubuhnya masuk ke dalam lubang itu. Makin lama dia makin jauh tenggelam. Di sekelilingnya hanya terdapat batu cadas hitam. Karena pikirannya nanar, si gadis melihat batu-batu itu seakan-akan sedang bergerak hendak menghimpit dirinya. Melihat keadaan itu ia pun berkata : "Parapat....Parapat batu....parapat." (Artinya : "merapat....merapatlah batu....merapatlah.").

Kata-kata itu diucapkan terus menerus dengan harapan agar batu cadas disekelilingnya merapat sehingga tubuhnya terjepit dan jiwanya melayang. Ada dua orang petani yang mendengar sayup-sayup suara yang mengatakan : "Parapat.....Parapat batu.....parapat." kedua petani tadi tidak dapat menolong gadis itu.

Dari teriakan gadis inilah asal usul nama kota PARAPAT.......

Kesimpulan :
Cerita ini cukup bagus karena isinya memberi peringatan kepada kita bahwa tindakan yang dilakukan karena putus asa akan menimbulkan akibat yang tak baik.

Di kutip dari : CERITA RAKYAT DARI SUMATERA UTARA
Oleh : Z. PANGADUAN LUBIS

Share This!


No comments:

Popular Posts

Total Pageviews

Powered By Blogger · Designed By Blogger Templates