Pages

July 16, 2008

95% Lulusan SMU Soposurung Masuk PTN Ternama

Sekitar 95% lulusan SMA Plus Soposurung, Balige, berhasil masuk perguruan tinggi negeri (PTN) ternama di Indonesia melalui jalur UMPTN dan mereka juga berhasil diterima di program studi favorit. Para alumni ini juga berhasil lulus dari PTN dengan nilai yang terbaik.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Soposurung (Yasop) Balige, Letjend (Purn) DR TB Silalahi SH, mengatakan hal itu dalam pelantikan dan pengukuhan 80 orang siswa-siswi baru SMU Plus Soposurung, di Balige, Kamis (10/7).

"Lebih dari 95% siswa yang lulus dari SMA Plus Soposurung Balige ini berhasil masuk ke PTN ternama dan diterima di fakultas serta program studi favorit. Seperti di ITB, UI dan mereka kemudian juga lulus dengan nilai terbaik," ujar mantan Menpan ini. TB Silalahi mengatakan, para siswa-siswi tersebut mengikuti pendidikan di SMU Plus Soposurung dengan metode berstandar internasional dan tinggal di dalam asrama tanpa dikenakan biaya.

"Mereka juga dididik oleh para tenaga pengajar yang memiliki kualifikasi internasional. Dan selama 15 tahun berdiri, SMU Plus Soposurung Balige telah menjadi contoh bagi daerah lain untuk mendirikan sekolah plus," ujarnya.

Para alumni Yasop juga terlah berhasil diterima di berbagai perusahaan nasional, internasional dengan menduduki posisi strategis dan ada yang melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di luar negeri.

Ia menambahkan, untuk tahun ajaran 2008/2009 ini, Yasop menerima 80 siswa-siswi baru dari berbagai daerah, suku dan agama. Mereka merupakan hasil seleksi dari 15.000 orang peminat yang mendaftar. Dari jumlah tersebut, 1.100 orang berhasil lulus seleksi administrasi dan mengikuti ujian masuk. Pada tahap ini, terangnya, 300 orang berhasil lulus dan berhak mengikuti ujian seleksi selanjutnya. Hasil seleksi akhir menemukan 80 siswa-siswi yang diterima di sekolah tersebut.

"Selain mendapatkan pendidikan yang berstandar internasional, mereka juga belajar hidup disiplin dan teratur, serta belajar menghargai budaya Indonesia. Kami mendidik mereka agar kelak menjadi putra-putri yang berjiwa nasional," jelasnya.

Sementara itu, Gubsu H Syamsul Arifin SE mengharapkan, para siswa-siswi yang baru diterima ini dapat memanfaatkan kesempatan tersebut sebaik-baiknya. "Saya bangga dengan adik-adik ini, karena kalian nantinya yang akan menjadi pemimpin bangsa menggantikan kami. Saya juga mengingatkan adik-adik untuk selalu dekat dengan Tuhan dan harus bangga dengan budaya kita sendiri," tuturnya.

Sumber : Medan Bisinis, Jumat 11 Juli 2008

Share This!


1 comment:

myplitarahayani said...

Selamat untuk sekolah ne...
jadi contoh ne sekolah untuk sekolah yang lain yang ada dinegeri kita.
katakan "BOHONG" pada orang2 yang mengatakan bahwa indonesia adalah negara yang SDMnya sangat rendah.. buktinya masih ada harapan dan masih ada sekolah yang menciptakan bibit2 unggul untuk kemajuan indonesia. i_love_you INDONESIA... MMMUUAACCCHH..

Popular Posts

Total Pageviews

Powered By Blogger · Designed By Blogger Templates